Fungsi Commands Pada Menu Home di Powerpoint

Fungsi Commands Pada Menu Home di Powerpoint


Pada artikel kali ini Powerpoint Mania akan membahas tentang semua Fungsi Commands pada Menu Home di Powerpoint. Jika kita membuka file baru pada powerpoint, maka dibagian atas ada sekitar lebih kurang 8 buah Menu / Ribbon Tabs yang tersusun secara horizontal. Terdiri dari Menu Home, Insert, Transitions, Animations, Slide Show, Review, View. Ada juga tambahan Ppt Plex pada Powerpoint 2013. Atau jika saudara menginstall Nitro PDF, maka secara otomatis akan terpasang pada deretan Menu Powerpoint.

menu home di powerpoint
Menu home memiliki 7 buah commands
klik untuk memperbesar
Menu Home pada Powerpoint memiliki beberapa Commands diantaranya Commands Clipboard, Font, Paragraph, Drawing, Editing dan New Group. Dan dari ketujuh Commands tersebut masing-masing terbagi lagi beberapa fitur penting yang pasti akan kita gunakan saat membuat Slide Presentasi dengan Powerpoint. Namun sepertinya masih banyak yang belum mengenali semua fungsi dari setiap fitur Commands tersebut. Oleh karena itu, Powerpoint Mania akan mencoba menguraikan semua Fungsi Commands Pada Menu Home di Powerpoint tersebut.

Clipboard, Terdiri dari Paste, Cut, Copy dan Format Painter .

  • Paste berfungsi untuk menampilkan hasil sebuah copy atau cut. Bisa dengan menekan tombol Ctrl V. Pada paste yang ada di Commands Clipboard, bisa dipilih paste option yang seperti apa yang kita inginkan. Kemudian juga dilengkapi dengan Paste Special yang mana hasil copyan bisa kita ubah ke format JPG, PNG, dan lain-lain.
  • Copy dan Cut. Fungsi Copy adalah untuk menduplikat suatu objek. Baik itu shape, slide, atau text box dan cukup memakainya dengan menekan Ctrl C. Sedangkan Cut untuk menghilangkan suatu objek untuk dipindahkan posisinya.
  • Format Painter berfungsi untuk menyamakan style ( color, line color ) dari 2 buah atau lebih objek yang berbeda. Untuk lebih mudahnya kita beri contoh berikut : 
Ada 3 buah Shape lingkaran dan masing-masing lingkaran mempunyai warna / Fill yang berbeda yaitu warna Hitam, biru, dan merah. Jika kita ingin ketiga lingkaran tersebut berwarna hitam, maka klik pada lingkaran warna hitam. Lalu klik Format Pointer. Kemudian klik lagi lingkaran kedua yang berwarna biru tadi. Maka otomatis warna biru berubah menjadi hitam mengikuti warna lingkaran pertama. Begitu seterusnya. Tidak hanya pada Shape, tapi juga berlaku untuk style Background slide dan text.

Slides, terdiri dari New Slide, Reset, Layout, Section.
  • New Slide berfungsi untuk menambahkan slide baru ( Ctrl M )
  • Reset berfungsi untuk mengembalikan ke posisi, ukuran, dan format slide ke setting default
  • Section berfungsi untuk membagi slide menjadi beberapa Section / bagian. Gunanya akan sangat terasa jika membuat presentasi dengan jumlah slide yang banyak. Pembahasan lebih detailnya akan dijelaskan pada postingan selanjutnya.
  • Layout berfungsi untuk membuat sebuah layout pada slide dengan pilihan yang telah disediakan.
Font, Terdiri dari Bold, Italic, Underline, Strikethrough, Subscript, Superscript, text shadows, Font, Font Size, Increase Font Size, Decrease Font Size, Change Case, Character Spacing, dan Clear All Formating

Pada fitur-fitur di Commands Font, sepertinya sudah cukup jelas dan sudah tidak asing lagi. Sama saja dengan Microsoft Word. Jadi tidak perlu Powerpoint Mania jelaskan lagi.

Paragraph, terdiri dari Bullet and Numbering, Align Text Left, Right, Center, justtify, Decrease List Level, Increase List Level, Line Spacing, Text Direction, Align Text, dan Convert to SmartArt

Bagian Paragraph juga lebih kurang sama dengan Word. Tapi ada tambahan yang perlu dijelaskan yaitu :
  • Text Direction. Fitur ini berfungsi untuk mengatur text Effects. Akan tersedia pilihan Text Fill, Text Outline, Outline Style, shadows, 3D Format, Reflection, Glow and Soft edges, 3D Rotation dan Text Box
  • Align Text. Sama dengan Align test left dan right. Tetapi yang ini arahnya Vertikal. Jadi terdiri dari Align text Top, Middle, dan  bottom.
  • Convert to SmartArt, berfungsi untuk mengubah text kedalam bentuk SmartArt. Tujuannya untuk mempercantik presentasi. Tapi harus disesuaikan dengan tema presentasi dan jangan terlalu sering dipakai.
Drawing, terdiri dari Shape, Arrange, Quick Styles, Shape Fills, Shape Outlines, Shape effects
  • Shape, fungsinya cukup jelas.
  • Arrange, fungsi Arrange sedikit panjang dan akan dijelaskan pada postingan selanjutnya untuk lebih detail.
  • Quick Style, berfungsi untuk membuat style pada shape dengan cepat karena sudah tersedia ragam pilihan style yang bagus. Tetapi jika tidak sesuai dengan selera bisa dibuat secara manual dengan format shape.
  • Shape Fills, berfungsi untuk mengubah warna shape
  • Shape Outline, berfungsi untuk memilih tipe garis, ketebalan, dan warna garis
  • Shape Effects, berfungsi untuk memberi Efek pada Shape misalnya efek shadows, reflection, 3D, dan lain sebagainya.
Editing, terdiri dari Find, Replace, dan Select
  • Find berfungsi untuk menemukan kata yang ada didalam dokumen ( Ctrl F )
  • Replace, berfungsi untuk mengubah text yang ada pada dokumen ( Ctrl H ). Misalnya didalam sebuah dokumen ada 15 kata “Powerpoint yang ingin kita ubah menjadi kata Power Ranger. Maka dengan fungsi Replace  bisa diubah semuanya sekaligus. Otomatis seluruh kata Powerpoint didalam file akan bertukar menjadi Power Ranger
  • Select, cukup jelas.
Crop, berfungsi untuk mengcrop sebuah gambar. Hanya akan bisa difungsikan jika ada gambar yang di Insert.

Demikianlah artikel tentang Fungsi Commands PadaMenu Home di Powerpoint. Semoga bermanfaat dan paham untuk mempraktekkannya. Salam Powerpoint Mania !! ^_^

Wassalam.....

0 komentar:

Poskan Komentar