Membuat Slide Presentasi Yang Baik dan Menarik

Bagaimana Membuat Slide Presentasi Yang Baik dan Menarik ??


Membuat Slide Presentasi Yang Baik dan Menarik
Sebagai presenter, Membuat slide Presentasi yang baik dan menarik sangat penting dilakukan agar audience tidak merasa bosan dan mengerti dengan materi presentasi yang telah disajikan. Selain dapat menarik perhatian audience, presenter juga dapat lebih mudah untuk menyampaikan materi karena didukung oleh visualisasi slide yang memukau dan komunikatif.

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat slide presentasi yang komunikatif. Hanya saja butuh lebih imajinasi, ide, dan kesabaran untuk membuatnya. Dan untuk mendapatkan ide, bisa dengan mencari contoh-contoh presentasi yang bagus di Internet. Atau mencari contohnya di Youtube juga sangat banyak disajikan tips dan trik presentasi yang baik. Intinya jangan pernah malas untuk mencoba.

Presentasi ada yang bersifat menyampaikan materi dan ada yang bersifat promosi / mengajak. Namun dalam artikel saya ini mungkin lebih mengkhususkan presentasi yang menyampaikan materi. Contohnya presentasi tugas kuliah, presentasi seminar Tugas Akhir mahasiswa, atau presentasi dari dosen sebagai bahan ajar mahasiswa, dll.

Nah, jadi Bagaimana Cara Membuat Presentasi yang baik dan Menarik??


Oke ini ada beberapa tips dari Powerpoint Mania yang mungkin bisa anda coba praktekkan demi kesuksesan presentasi anda.

Pembukaan yang Memukau


Pembukaan memukau yang saya maksud adalah berbentuk slide opening berisi judul materi yang akan disampaikan beserta perkenalan sang presenter. Sebagai contoh mahasiswa sedang mempresentasikan laporan penelitiannya yang berjudul “ Pengaruh Serat sintetis terhadap Kuat Tekan Beton”. Maka sebelum memulai slide materi, sajikanlah sebuah pembukaan yang berisi judul materi, dan perkenalan diri kita. Kemaslah dalam bentuk visual yang menarik dan buatlah sesuatu yang berbeda sehingga “kesan awal” audience terhadap presentasi kita baik.

Namun juga perlu diingat, sesuaikan dengan acara presentasinya. Jika itu adalah presentasi berbentuk formal, buatlah yang simple dan elegan, namun tetap nyaman untuk dipandang. Dan jika bersifat informal, kreasikan sesuai dengan imajinasi kita. Tapi jangan terlalu norak.

Sesuaikan Tampilan dengan Tema


Coba bayangkan jika kita sedang menonton presentasi tentang Manajemen Konstruksi. Namun latar belakang atau Background yang digunakan adalah kartun doraemon dan bunga-bunga. Apalagi ditambah dengan animasi tupai meloncat-loncat di tiap sudut slide. Apakah itu merupakan tampilan yang sesuai dengan tema??

Begitulah kira-kira ilustrasi dari point ini. Sesuaikanlah tampilan / template powerpoint kita dengan materi yang akan disampaikan. Jika persentasi tentang Manajemen Konstruksi, berilah background yang sesuai misalnya yang mengandung unsur konstruksi, gambar gedung, dll.

Ukuran dan Warna Font yang Tepat


Ukuran font merupakan salah satu point utama dalam mempertontonkan presentasi kita. Font yang digunakan saat presentasi sebaiknya proporsional. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Usahakan ukuran font terkecilnya masih bisa dibaca oleh audience yang duduk paling belakang didalam ruangan tempat kita mempresentasikan materi.

Membuat Slide Presentasi Yang Baik dan Menarik
Ukuran Font yang normal. Warna juga Contrast  dengan
background namun tetap tidak mencolok.
Begitu juga dengan warna font. Pilihlah warna yang kontras dengan background yang kita gunakan. Namun juga jangan terlalu mencolok dan tajam warnanya.
Pada bagian judul usahakan lebih besar dan cetak tebal. Dan bagian isi gunakan ukuran font sekitar 20 – 24 pt.

Pembahasan yang lengkap


Dalam mempresentasikan materi, tentu pembahasannya haruslah lengkap. Penjelasan harus disajikan secara detil. Dan tekankan point – point penting yang merupakan keyword dari materi. Dengan bahasan yang lengkap akan menimbulkan kepuasan pada Audience atas materi yang kita sajikan.


Jangan Terlalu Banyak Teks


Ini adalah salah satu yang harus dilakukan dalam pembuatan slide powerpoint yang bertujuan agar audience tidak jemu. Ringkaslah teks tersebut dan padatkan menjadi point-point penting atau gambar. Kemudian jelaskanlah point atau gambar tersebut satu persatu.
Poin – point itu bisa disusun dalam bentuk diagram, flowchart, shape, bullet, list, dll. Intinya harus komunikatif dan nyaman dinikmati.

Membuat Slide Presentasi Yang Baik dan Menarik
Kurangi teks dengan membuat point-point penting dan penjelasan
dalam bentuk gambar.

Slide Penutup yang Unik

Sebenarnya point ini tidak terlalu penting. Tapi jika ingin mengembangkan imajinasi cukup baik untuk ditambahkan. Misalnya dengan menambahkan ucapan salam dan terimakasih. Divariasikan dengan animasi  Powerpoint yang unik pula.

Mungkin sekian dulu Tips dari Powerpoint Mania untuk Membuat Slide Powerpoint Yang baik dan Menarik. Semoga bermanfaat bagi saudara-saudara yang ingin melakukan presentasi dengan powerpoint.





13 komentar:

  1. saya sering banget ngisi presentasi Mas. kadang di kelas diklat, kadang di aula besar. dan saya sering terjebak dalam presentasi yang biasa2 aja. cenderung membosankan buat saya. apalagi buat audience ya? haha

    BalasHapus
  2. super Mas, makasih ya, menginspirasi saya nih

    BalasHapus
  3. nice post kakak, ntar saya praktekin deh. hehe

    BalasHapus
  4. membuat slide presentasi itu sesuatu yang menantang, menantang kreativitas :)

    BalasHapus
  5. keren ih sob,,,sy coba ijin praktek nanti :)

    BalasHapus
  6. fiaaaaannnnn........
    aku mintak file nya yang ada BAB 1- BAB VII TTUUUUU..............
    yaa... yaa.. yaaaa

    BalasHapus
  7. wah ini dia yg jago .ppt hehe :D

    BalasHapus